Rabu, 27 Mei 2015


Monumen Trisula

Tempat Wisata Monumen Trisula

Ini adalah salah satu tempat wisata sejarah yang berada di daerah Blitar, yaitu Monumen Tugu Trisula. Monumen Trisula dibentuk dan diresmikan pada tanggal 18 Desember 1972. Monumen Trisula ini terletak di sebuah desa di kawasan Blitar selatan, yaitu Desa Bakung Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Monumen Trisula dibangun sebagai wujud untuk memperingati dan mengenang tragedi pemberantasan PKI didaerah Blitar. 

Tempat Monumen Trisula jika dari Kota Blitar anda bisa menuju ke kecamatan Kademangan. Dari jembatan belok ke kiri dan lurus terus mengikuti arah ke Pantai Tambak Rejo. Hingga di perempatan gawang anda bisa berbelok ke kanan (jika anda masih bingung segera tanya warga sekitar) . Dari perempatan Gawang, jarak Monumen Trisula sekitar 8km (menurut papan petunjuk arah). Ikuti terus jalan utama hingga anda menemukan monumen Trisula berada di sebelah kiri jalan dengan jalanan yang agak menanjak dan di sekeliling monumen ada Sekolahan dan Masjid.

Sejarah Singkat Monnumen Trisula

Untuk mengetahui kenapa dan apa sebabnya dibangunnya Monumen Trisula ini, sekilas kita menyimak sejarahnya. Yaitu Pada tahun 1968 adalah sejarah tertoreh di Blitar, tepatnya di Desa Bakung kawasan Blitar selatan, adalah sebuah proses atau pelaksanaan penumpasan sisa-sisa gerombolan PKI yang melarikan diri dan bersembunyi ke daerah Blitar selatan, yaitu di daerah desa Bakung. Operasi Trisula yang dilakukan oleh Pasukan ABRI bersama-sama rakyat Blitar, saling bahu-membahu dan bekerjasama untuk menumpas aksi pemberontakan PKI yang ada di Blitar. 

Sebagai tanda untuk memperingati dan mengenang aksi penumpasan PKI di daerah Bakung kabupaten Blitar selatan ini maka dibangunlah Monumen Trisula, yang kini bisa kita nikmati sebagai salah satu wisata bersejarah yang berada di Blitar. 

Wajib dibaca :):

Apabila Anda kebetulan melewati kota Blitar, sungguh sangat disayangkan kalau anda tidak singgah ketempat-tempat wisata sejarah yang ada di kota Blitar ini, seperti, Monumen Trisula, Monumen Peta, Makam Bung Karno, Istana Gebang, Candi Penataran, Candi Sawentar, Candi Kotes dan juga masih banyak lagi wisata-wisata alam lainnya.

1 komentar:

Kalau ada kata-kata atau bahasa yang salah, kami minta maaf.