Rabu, 27 Mei 2015


Perpustakaan dan Museum Bung Karno



Profil Tentang Lembaga

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar dibangun oleh Pemerintah, dengan Pemerintah Kota Blitar bertindak sebagai pelaksana pembangunan di lapangan. Setelah selesai dibangun sampai tahap tertentu, sebagai objek, perpustakaan ini dipersembahkan kepada Bangsa Indonesia karena alasan sederhana, yaitu kenyataan bahwa Soekarno adalah milik seluruh Bangsa Indonesia.

Letaknya yang sangat strategis yaitu berada satu lingkup wilayah kawasan makam BUNG KARNO sebagai salah satu Putra Terbaik Bangsa yang berjasa mempersatukan nusantara dari penjajah, maka dengan didirikannya Perpustakaan BUNG KARNO Penyambung Lidah Rakyat Indonesia pada lokasi yang sama keberadaannya akan mampu memberikan fakta histories yang mampu memberikan dan mendukung bukti otentik yang secara terbuka dan obyektif dapat diteliti dan dipelajari kebenarannya demi kepentingan generasi sekarang dan mendatang agar dapat menghargai dan mampu melanjutkan apa yang telah dicapai oleh para pejuang dalam mewujudkan kemerdekaannya yang menjadi cita-cita bangsa.

Aspek Historis

Kota Blitar secara historis telah akrab dengan semangat kepahlawanan. Hal tersebut mengedepan melalui keberadaan Aryo Blitar, Sudanco Supriyadi dan BUNG KARNO sendiri. Kota Blitar adalah salah satu tempat penggodokan dan pemantapan gelora semangat juang BUNG KARNO dari sejak beliau masih menekuni jenjang pendidikan sampai dengan wafat disemayamkan.
Perpustakaan adalah salah satu bidang kegiatan yang sangat akrab dengan BUNG KARNO karena selama hidupnya beliau sangat terkenal sebagai insan pecinta buku dan sekaligus sebagai seorang penulis yang sangat produktif dengan ide dan pemikiran yang briliant.

Aspek Ideologis

Ide, gagasan, konsep, dan pemikiran-pemikiran  BUNG KARNO adalah kekayaan  intelektual  yang  menjadi aset bangsa. Ide, gagasan, konsep, dan pemikiran-pemikiran tersebut secara konseptual sangat layak disejajarkan dengan konsep pemikiran para ahli dan ideologi yang berkembang di dunia.
Runtutan peristiwa dalam proses pemunculan ide, gagasan, konsep dan pemikiran-pemikiran BUNG KARNO adalah rangkaian panjang "Pelajaran" yang dapat dijadikan kaca benggala bagi generasi penerus bangsa untuk menghadapi setiap momentum kehidupan masyarakat, bangsa dan negara pada saat ini dan masa yang akan datang.

Aspek Empiris

Pembangunan Perpustakaan Bung Karno akan melengkapi keberadaan Makam BUNG KARNO yang telah berkembang menjadi salah satu objek wisata yang religi dan sejarah di tingkat regional, nasional dan internasional.
Keberadaan perpustakaan BUNG KARNO dapat memenuhi kebutuhan intelektual segenap kalangan dan lapisan masyarakat yang pada gilirannya akan memberikan wacana comparative dan empiris bagi proses perjuangan bangsa dalam mewujudkan cita-citanya di masa mendatang.

Sumber :

 http://perpusbungkarno.pnri.go.id/
 http://surabaya.panduanwisata.id/files/2015/04/Museum-Bung-Karno-iberita.jpg

Anda berminat segera datang langsung Di Perpustakaan dan Museum Bung Karno berwisata sambil belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Kalau ada kata-kata atau bahasa yang salah, kami minta maaf.